Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.
ttd TPUM di cimahi 2

Tanda Tangangi MoU bersama Yayasan DSAS, Yayasan DT Segera Luncurkan TPUM di Cimahi

WAKAFDT.OR.ID | BANDUNG – Yayasan Daarut Tauhiid (DT) bersama Yayasan Dunia Sementara Akhirat Selamanya (DSAS) menandatangani MoU untuk pengadaan dan pengelolaan Taman Pemakaman Umum Muslim, Jumat (15/02/2024) di Kantor Sekretariat Yayasan DT.

Yayasan DT melalui Wakaf DT menjadi nazhir yang pengelola TMPUM yang terletak di Cibeber, Cimahi tersebut, diwakili oleh Fahrurin selaku Ketua Yayasan DT. Sedangkan, Yayasan DSAS diwakili oleh Alfian Fuadi Mukdas.

Fahrudin, Ketua Yayasan DT sekaligus Nazhir mengungkapkan, TPUM tersebut akan segera diumumkan kepada jamaah. Dia menyebutkan tiga alasan pengadaan TPUM tersebut. Pertama,  menjadi jawaban atas kebutuhan pemakaman jamaah DT, terutama yang berasal dari luar kota, apalagi luar pulau Jawa. 

Kedua, TPUM tersebut juga akan menjadi solusi pemakaman bagi warga sekitar. Daan ketiga, menjadi tempat pemakamaan umat muslim pada umumnya.

“Jadi, pemakaman ini, satu, menjadi solusi bagi jamaah DT terutama yang berasal dari luar kota, yang ingin dimakamkan di sini atau kesulitan untuk dimakamkan di tempat asalnya. Dua, ini juga bisa menjadi pemakaman bagi warga sekitar. Dan ketiga, ini bisa menjadi tempat pemakaman jamaah atau umat muslim pada umumnya,” jelasnya.

Dia menyebutkan, TPUM tersebut bisa menampung 500 kavling makam di atas lahan seluas 5 hektar. Nantinya, semua pengelolaan dari mulai pengurusan jenazah hingga pemeliharaan makam akan dilakukan oleh DT.

“Jadi semua, dari mulai pengurusan jenaza hingga pemeliharaan akan dicover, dilakukan untuk memudahkan jamaah,” katanya.

Fahrudin mengatakan, selaian pemakaman, di TPUM juga akan dibangun masjid dan pesantren tahfiz agar banyak doa dan bacaan Al-Quran yang pahalanya mengalir bagi mayit yang dikuburkan di sana.

“Iya, semoga dengan adanya masjid dan pesantren tahfiz di sana, pahalanya juga bisa mengalir untuk (mayit) yang dikuburkan di sana,” pungkasnya. (AID)

Baca juga: Wakaf DT Salurkan Hasil Wakaf Produktif ke Indramayu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *