Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

Rakyat Palestina Melawan, Aa Gym: Ini Hikmahnya!

WAKAFDT.OR.ID | BANDUNG – “Mari kita ambil hikmah dari rakyat Palestina yang diblokade habis-habisan ternyata bisa melakukan upaya membebaskan diri dari penjajahan.”

Tutur KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) pada kajian Ma’rifatullah Kamis (9/11/2023), di Masjid Daarut Tauhiid Bandung.

Dalam kajiannya, Aa Gym mengajak para jamaah untuk memetik hikmah dari perlawanan rakyat Gaza Palestina pada 7 Oktober lalu.

“Seperti halnya Indonesia dulu, akan melakukan apa saja supaya penjajah Indonesia minggat dari tanah air Indonesia, sama negara manapun,” terang Aa Gym.

Aa Gym mengatakan hikmah yang pertama, peristiwa yang terjadi di Palestina saat ini menjadikan Palestina sebagai pusat perhatian dunia.

Menurutnya, informasi yang mudah menyebar saat ini, menjadikan masyarakat dunia mengetahui akan penjajahan yang dialami oleh rakyat Palestina selama puluhan tahun lamanya.

“Ini nikmat besar, sekarang orang sedunia bisa melihat bahwa ada penjajahan yang dulunya orang tidak peduli (dengan Palestina). Asalnya tidak ada itu Israel, benar-benar tidak ada.”

“Untuk bisa memahami dan peduli terhadap Palestina tidak perlu pakai agama Islam, pakai hati yang punya nurani dan akal yang jernih saja bisa mempedulikan,” terang Aa Gym.

Hikmah yang kedua kata Aa Gym, seluruh dunia bisa melihat kekejaman dan kekejian zionis. Sepuluh ribu nyawa lebih telah syahid, hampir segala infrastruktur di Gaza hancur jadi korban bombardir zionis.

“Dan semua menyaksikan, ini sangat menggugah nurani masyarakat dunia yang masih punya hati,” tutur Aa Gym.

Selain mengundang nurani dunia kepada Palestina, pembantaian zionis kepada rakyat Palestina tersebut juga mengundang kebencian masyarakat dunia kepada zionis Israel.

Aa Gym menyebut, hikmah yang ketiga adalah dunia melihat ketidak-adilan kelompok yang selama ini berpihak kepada Israel.

Masifnya gerakan aksi Bela Palestina hampir di seluruh dunia menunjukkan empati dan protes rakyat dunia terhadap ketidak-adilan yang dialami Palestina.

“Para pimpinan negara yang mendukung (Israel) lambat laun akan terpojok oleh rakyatnya sendiri (yang sebagian besar membela Palestina),” terang pendiri ponpes DT itu

Keempat, dunia sekarang bisa melihat bagaimana tangguh dan hebatnya orang-orang Gaza.

Tidak hanya itu, ketangguhan rakyat Gaza menimbulkan rasa ingin tahu tentang kandungan Al-Quran yang selama ini menjadi alasan rakyat Gaza tetap teguh dan tangguh.

“Ini adalah karunia yang sangat besar, seluruh dunia bisa melihat tangguhnya orang-orang beriman,” imbuhnya.

Hikmah kelima, duka Palestina juga menjadikan umat merasakan hal yang sama. Tiap hari, kata Aa Gym kita terus mengingat rakyat Palestina.

Hikmah terakhir yakni membuat Muslim dunia iri akan keimanan yang dimiliki rakyat Gaza. Bertubi-tubi ujian yang mereka hadapi tidaklah mudah, namun mereka tetap bersyukur kepada Allah, terang Aa Gym. (Noviana)

Redaktur: Wahid Ikhwan


WAKAFDT.OR.ID

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *