Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

Manfaat Wakaf yang Perlu Diketahui

DAARUTTAUHIID.ORG — Setiap individu muslim harus memahami manfaat wakaf di dunia dan akhirat. Agar memiliki motivasi mengaoa harus menunaikan atau mengeluarkan harta untuk berwakaf.

Manfaat yang akan dirasakan oleh kita sendiri di akhirat maupun di dunia dan manfaat bagi orang lain yang menerimanya.

wakaf ialah cara dari Allah Ta’ala untuk memberikan solusi dalam pengelolaan harta yang produktif.

Hal ini karena wakaf sebagai investasi jangka panjang yang tidak berhenti, selama dirasakan dan digunakan oleh penerima pemanfaatnya. Harta yang diwakafkan ia akan tetap abadi dan pahalnya mengalir sampai hari ini di akhirat kelak.

Manfaat wakaf tidak hanya didapatkan ketika kita masih hidup, namun akan terus mengalir jika telah meninggal, karena harta yang diwakafkan status dan konsepnya tidak boleh habis ataupun dijual.

Salah satu contoh manfaat wakaf sebagai upaya untuk menunjang kegiatan sosial, seperti panti asuhan anak yatim.

Pendidikan untuk menunjang fasilitas belajar-mengajar, kesehatan untuk membangun rumah sakit, dan lain-lainnya.

Wakaf tidak perlu dengan nilai yang besar, akan tetapi semampunya. Wakaf juga bisa ditunaikan dengan cara gotong royong untuk saling melengkapi, yang terpenting ikhlas niatnya karena Alloh Ta’ala, karena jika niatnya bukan untuk Allah maka amal perbuatan seseorang tidak akan bernilai dan tidak akan menjadi pahala.

Sedangkan manfaat wakaf di akhirat sebagaimana yang sudah dijanjijkan oleh Allah Ta’ala. Harta yang diwakafkan akan terus melimpah pahalanya, sebagaimana perumpaannya pahalanya disebutkan dalam surat Al-Baqarah yang artinya:

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

Mengeluarkan harta dalam bentuk wakaf merupakan cara melatih jiwa sosial kita untuk membantu orang-orang yang tengah kesulitan, mempererat tali persaudaraan, dan mencegah kesenjangan sosial.

Semoga dengan memahami manfaat wakaf, kita punya keinginan yang kuat untuk mewakafkan harta kita dijalan Alloh Ta’ala. Niatnya tidak lain dan tidak bukan hanya mengharap ridho Allah Ta’ala. (Arga)

Redaktur: Wahid Ikhwan


DAARUTTAUHIID.ORG

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *