Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

Aa Gym: 4 Rahasia Syukur

DAARUTTAUHIID.ORG — Ada 4 hal yang harus kita ketahui tentang rahasia syukur. Rasa syukur yang menyebabkan kita diberi umur yang panjang oleh Alloh Ta’ala. Rahasia syukur yang dimaksud di antara ialah:

Pertama, menjaga hati karena dengan nikmat dan karunia yang diberikan Allah Ta’ala akan terasa nikmat dengan hati yang tenang.

Kedua, mengucapkan Alhamdullilah atas pemberian Alloh.

Ketiga, pandai berterimakasih kepada orang yang memberikan jalan karena orang yang memberikan jalan kepada kita adalah orang yang membantu kita menemukan rezeki.

Keempat, memanfaatkan nikmat yang diberi untuk bersyukur kepada Alloh Ta’ala.

Pernahkah terbayang dalam diri kita, bahwa sebahagian besar dari urusan hidup kita sesungguhnya bukan kita sendiri yang mengendalikan.

Pernahkah juga kita hitung-hitung an bahwa hanya sebagian kecil saja keterlibatan tangan kita secara langsung hidup di dunia.

Coba perhatikan menu sarapan kita setiap pagi. Makanan yang ada di piring kita, coba perhatikan dan bayangkan, kemudian uraikan satu demi satu.

Garamnya datang dari laut di selatan, nasinya dari sawah petani di barat, sayurnya dari kebun bagian timur, dan ikannya berasal dari kolam di utara.

Kenapa yang tadinya berjauhan, kini bisa hadir di depan kita dan kita tinggal menikmatinya saja. Hal itu terjadi atas izin Alloh Ta’ala.

Sungguh banyak hal yang terjadi disebabkan kasih sayang Alloh kepada kita. Alloh yang mengatur dan mengendalikan matahari terbit dan terbenam dengan teratur, sehingga kita menikmati energi dari sinarnya.

Alloh yang mengatur detak jantung kita, sehingga kita tak pernah takut lupa mendetakkannya. MasyaAllah begitu besar karunia dan nikmat Alloh.

Kalau pun manusia dan jin bersatu ingin memberikan satu butir beras pun kepada kita, namun jika Alloh tidak menghendakinya, maka pasti tidak akan terjadi.

Begitu juga kalau manusia dan jin bersatu hendak mencelakai kita, maka satu helai rambut pun tidak akan jatuh dari tubuh kita.

Oleh karena itu, mari terus periksa niat kita, periksa hati kita, untuk selalu beramal dengan ikhlas, hanya mengharap ridho Alloh Ta’ala.

Cukuplah Alloh yang memperhatikan kita. Ada manusia yang melihat ataupun tidak, yakinlah bahwa ada Alloh yang selalu melihat kita. (KH. Abdullah Gymnastiar)

Redaktur: Wahid Ikhwan


DAARUTTAUHIID.ORG

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *