Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.
Aa Gym

Aa Gym: Pentingnya Memiliki Tujuan Hidup

Segala puji bagi Alloh, Tuhan semesta alam yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Besar maupun kecil, bergerak maupun tidak bergerak. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada baginda nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam.

Alloh Ta’ala berfirman yang artinya: “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz Dzaariyaat: 56)

Sahabat sekalian, mengapa Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wassalam begitu kuat menghadapi berbagai macam kepahitan yang menimpa beliau sepanjang ia hidup? Mengapa juga para sahabat Rosullulloh Shallallahu ‘alaihi wassalam sangat tangguh menjalani kehidupan dengan berbagai tempaan yang begitu berat? 

Sebenarnya yang membuat Rosullulloh Shallallahu ‘alaihi wassalam dan para sahabat begitu kuat ialah karena punya tujuan hidup yang jelas. Punya cita-cita yang jelas mau dibawa kemana hidup ini.

Misalkan ketika seseorang punya keinginan yang kuat menjadi seorang dokter spesialis, maka ia akan semakin gigih belajar dan makin disiplin kuliahnya. Begitu juga ketika seseorang punya cita-cita kuat ingin memiliki karir yang tinggi dan bagus di kantornya, maka akan semakin ulet dan rajin bekerja, semakin semangat dalam bekerja dan berkarya. Sebenarnya begitu dahsyat pengaruh tujuan atau cita-cita dalam hidup seseorang.

Semakin besar dan semakin besar tujuan hidupnya, maka akan terasa semakin ringan ia menjalani hidup ini. Meskipun cobaan demi cobaan, kepahitan demi kepahitan datang menghampiri dan tidak bisa dipisahkan dalam perjalanan kehidupan seseorang.

Oleh karenanya, jika kita merasa menderita dalam hidup ini, tanyalah pada diri sendiri apakah kita memiliki tujuan hidup yang tepat dan benar. Jadikanlah Alloh satu-satunya yang menjadi tujuan hidup kita, bukan yang lain.

Tidak ada yang lebih agung, lebih mulia, dan lebih besar melainkan Alloh Ta’ala. Kejarlah ridho Alloh dengan sungguh-sungguh, semakin kita gigih mengejar ridho Alloh dan cinta-Nya, akan semakin ringan hidup kita, semakin mudah dan semakin bahagia. InsyaAlloh. (KH. Abdullah Gymnastiar)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *