Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.
negara dengan masjid terbanyak

Inilah Tiga Negara dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Dunia

WAKAFDT.OR.ID | Jumlah pemeluk Islam di dunia terus mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dalam sebuah riset dari Pew Research Center; diperkirakan pada tahun 2050, jumlah Muslim tumbuh 2,76 miliar atau 29,7% dari populasi dunia. 

Hal ini akan berdampak pada jumlah pembangunan masjid sebagai sarana ibadah umat muslim di seluruh dunia. Mengutip data dari TRT World, jumlah masjid di seluruh dunia kurang lebih sekitar 3,6 juta masjid. Namun, sebagian besar masjid berada di negara dengan populasi muslimnya terbanyak juga.

Berikut tiga negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia:

  1. Indonesia 

Indonesia adalah negara kepulauan yang warga negaranya mayoritas beragama Islam. Hal ini yang menyebabkan Indonesia menjadi negara dengan jumlah populasi Muslim terbesar di dunia. Karena jumlah populasi muslimnya terbanyak, maka Indonesia memiliki jumlah masjid terbanyak juga.

Jusuf Kalla, selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia menyampaikan, bahwa setidaknya ada 800 ribu masjid yang dibangun di seluruh daerah Indonesia. Sedangkan, berdasarkan data Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kemenag RI, jumlah masjid dan mushala di Indonesia sebanyak 741.991.

  1. India 

Di India, Islam menjadi pemeluk agama yang memiliki banyak pengikut kedua setelah agama Hindu. Sehingga tidak heran jika di India menjadi negara dengan jumlah masjid terbanyak kedua di dunia. Jumlah masjid di India kurang lebih telah mencapai 300 ribu masjid. 

  1. Bangladesh 

Bangladesh adalah negara dengan populasi Muslim terbanyak ke-4 di dunia. Umat muslim menjadi pemeluk agama terbanyak dengan komposisi 89%, sedangkan hindu 10%, disusul 0,9% agama lain seperti Buddha dan Kristen. 

Meskipun populasinya muslimnya berada di urutan ke-4 di dunia, tapi jumlah masjidnya berada di urutan ke-3. Diperkirakan ada 250 ribu masjid di Bangladesh.

Semoga uraian mengenai tiga negara dengan masjid terbanyak di dunia, menambah khazahah keislaman kita sebagai seorang muslim dan menumbuhkan ghairoh dalam mendakwahkan Islam ke seluruh dunia. (Arga)

Diolah dari berbagai sumber

Baca juga: Benarkah Pemeluk Islam Meningkat Dari Waktu ke Waktu?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *