Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.
shalat berjamaah

Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid

WAKAFDT.OR.ID | Shalat adalah bagian rukun Islam yang wajib untuk ditunaikan. Shalat merupakan amal yang pertama kali juga dihisab oleh Allah Ta’ala. Dalam pelaksanaannya, shalat wajib ditunaikan secara berjamaah di masjid. Shalat berjamaah adalah shalat yang dilaksanakan secara bersamaan oleh lebih dari satu orang di tempat yang sama.

Dalam sebuah hadist diriwayatkan seseorang datang dan tidak mendapatkan shalat, maka Rasulullah bersabda kepadanya, “shalatlah”. Lalu bersabda, “adakah seseorang yang hendak bersedekah, salatlah bersamanya?” Maka berdirilah seseorang dan shalat bersamanya. Maka Rasulullah bersabda, “inilah jamaah.”(HR. Ath-Thabrani).

Lalu apa saja keutamaan shalat berjamaah dan tepat waktu? Berikut ini beberapa keutamaan shalat berjamaah:

Pertama, sebagai syiar agama Islam. Salah satu keutamaan shalat berjamaah di masjid adalah dapat membangun silaturahmi dengan muslim lainnya, agar dapat mensyiarkan Islam antar sesama kaum muslimin.

Kedua, meningkatkan kualitas shalat. M. Nurkholis dalam bukunya yang berjudul “Mutiara Shalat Berjamaah: Meraih Pahala 27 Derajat”, menyampaikan bahwa shalat sendirian diibaratkan seekor domba yang terpisah dari kawanannya sehingga serigala akan mudah menerkam dan memangsanya. Sedangkan orang yang menunaikan shalat berjamaah, ibarat sekumpulan domba yang kompak, sehingga serigala tidak akan berani menyerangnya.

Ketiga, pahala shalat berjamah sampai 27 derajat. Keistimewaan shalat berjamaah dibandingkan shalat sendiri terdapat di pahalanya. Jika shalat dilakukan dengan berjamaah, maka akan mendapatkan 27 pahala. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits yang artinya:

“Shalat berjamaah melampaui salat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat.” (HR. Bukhari)

Keempat, Dijauhkan dari sifat munafik. Shalat berfungsi menjauhkan seseorang dari sifat munafik. Di antara sifat orang munafik ialah bermalas-malasan dalam melaksanakan shalat berjamaah. Seperti yang disebutkan dalam surat An-Nisa ayat 142:

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah. Dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan sholat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. An-Nisa: 142).

Semoga dengan memahami keutamaan shalat berjamaah di masjid, semakin menguatkan kita untuk senantiasa melaksanakan shalat berjamaah di masjid sebagaimana diperintahkan Allah dan Rasul-Nya.

Sumber: daaruttauhiid.org

Baca juga: Tata Cara Pelaksanaan Shalat Istisqa

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *