Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

Keutamaan Bulan Rajab

DAARUTTAUHIID.ORG — Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam Islam, memiliki beberapa keutamaan di dalamnya. Untuk itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan atau perbuatan baik sebanyak mungkin di bulan Rajab.

Lantas, apa saja keutamaan di bulan Rajab? keutamaan bulan Rajab yang jarang diketahui orang-orang di antaranya ialah sebagai berikut:

Pertama, Rajab adalah bulan yang mulia. Ada 4 bulan yang dianggap sebagai bulan haram atau bulan yang mulia dalam kalender Hijriyah Islam. Keempat bulan tersebut ialah Muharam, Zulkaidah, Zulhijah, dan Rajab.

Saat bulan haram berlangsung, dianjurkan untuk melakukan amalan saleh agar dilipatgandakan pahalanya. Sedangkan yang berubuat dosa akan diganjar dengan hukuman besar pula.

Kedua, dibukakan pintu tobat seluas-luasnya. Sepanjang bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk banyak bertobat.

Disebutkan bahwa Allah Ta’ala akan mengabulkan semua doa hamba-hamba-Nya, termasuk permohonan taubat dari seorang hamba yang berdosa.

Ketiga, peristiwa Isra’ Mi’raj. Salah satu fenomena atau peristiwa penting dalam Islam yang terjadi di bulan Rajab adalah Isra’ Mi’raj, saat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam diangkat oleh Allah Ta’ala ke langit ke-7.

Isra’ Mi’raj adalah peristiwa turunnya perintah menunaikan sholat lima waktu.

Keempat, bulan Rajab adalah bulan yang mustajab. Berdoa di malam pertama bulan Rajab, doa-doa yang dipanjatkannya akan dikabulkan Allah Ta’ala. Hal ini juga disampaikan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm, yang artinya:

“Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesungguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam Iduladha, malam Idulfitri, malam pertama bulan Rajab, dan malam nisfu Syaban.”

Kelima, bulan yang berdekatan dengan Ramadhan. Bulan Rajab menjadi pertanda bahwa bulan Ramadan yang hanya tinggal bilangan hari hari saja.

Sebab hanya berselang sesudah bulan Syaban, setelah itu Ramadan akan tiba. Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam.

Itulah keutamaan-keutamaan bulan Rajab yang perlu dipahami oleh umat Islam, sebagai bulan Istimewa untuk melakukan lebih banyak amal shaleh atau kebaikan agar mendapatkan pahala berlipat dari Allah Ta’ala. (Arga)

Redaktur: Wahid Ikhwan


DAARUTTAUHIID.ORG

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *