Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

Saatnya Kepedulian Sosial Beralih Jadi Perubahan Sosial Melalui Wakaf

DAARUTTAUHIID.ORG | BANDUNG — Wakaf merupakan pemberian yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama bahkan kebermanfaatannya bersifat abadi hingga yaumil akhir.

Wakaf menguntungkan banyak pihak, tidak hanya wakif yang mendapat pahala jariyah atas harta yang telah ia wakafkan, maupun mauquf ‘alaih yang merasakan manfaat dari fasilitas wakaf yang ada, namun juga umat bahkan sampai pada taraf negara turut rasakan manfaatnya.

Pada zaman dahulu, peradaban Islam memimpin dunia kurang lebih 13 abad lamanya. Bila berbicara tentang kejayaan umat Islam zaman dahulu, sangat erat kaitannya dengan wakaf.

Hampir 2/3 tanah kaum muslimin saat itu adalah bagian dari wakaf. Kala itu, wakaf adalah pondasi utama  yang menjadi tumpuan berdirinya lembaga-lembaga sosial dalam peradaban Islam.

Tentunya hal ini sangat disayangkan bila sampai terlupakan. Kejayaan Islam dahulu beserta faktor-faktornya amat penting untuk kita pelajari dan duplikasi.

Karena dengan mempelajari sejarah dapat menjadi tuntunan dalam berkehidupan masa kini dan merancang masa depan.

Wakaf salah satu persembahan istimewa umat Islam untuk kemaslahatan umat. Aset wakaf termasuk aset yang abadi, tak pernah habis. Bahkan jika pengelolaannya benar, wakaf akan terus menghasilkan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Pesantren Daarut Tauhiid merupakan kawasan wakaf terpadu. Di mana hampir setiap sektor dalam kawasan DT ini merupakan aset wakaf.

Setiap aset wakaf dikelola dengan baik dan benar oleh para pengelola yang kompeten dan jujur, sehingga menjadikan aset wakaf yang dititipkan kepada Yayasan Daarut Tauhiid lebih produktif dan dirasakan manfaatnya oleh orang banyak.

Pengelolaan aset wakaf Daarut Tauhiid bersifat visioner, yang dimana tidak hanya digunakan untuk masa sekarang, namun juga berkelanjutan hingga masa mendatang.

Hal ini menjadikan para muwakif meletakkan kepercayaan tinggi kepada Daarut Tauhiid untuk mengelola harta yang diwakafkan.

Berjumpa dengan salah satu ustadz yang kerap mengisi tausiyah di Daarut Tauhiid, yakni ustadz Budi Prayitno,  beliau mengatakan Daarut Tauhiid memiliki sistem pengelolaan wakaf yang baik, contoh saja MQ FM salah satu tempat saya berkiprah.

MQ FM merupakan radio yang bergerak dalam bidang dakwah. Informasi, kajian dan edukasi disampaikan melalui radio ini yang siarannya mengudara ke beberapa daerah di Indoesia.

Tentunya menjadi ladang pahala bagi wakif yang telah mewakafkan hartanya kepada DT, juga pahala bagi seluruh pengelola yang terlilbat serta para pendengar.

Saatnya kepedulian sosial beralih menjadi perubahan sosial, dengan berwakaf dan memakmurkan aset-aset wakaf yang ada. Pungkasnya. (Noviana Rohma Susilowati)

Redaktur: Wahid Ikhwan


DAARUTTAUHIID.ORG

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *