Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.
spiritual di bulan rajab

Perkuat Spiritualitas dengan Puasa di Bulan Rajab

WAKAFDT.OR.ID | Memperbanyak amalan bagi setiap muslim adalah kewajiban yang harus ditunaikan. Bulan Rajab salah satu wadah untuk memperbanyak amalan kebaikan, karena begitu banyak limpahan rahmat yang diturunkan oleh Allah Ta’ala.

Bulan Rajab memiliki keistimewaan tersendiri. Oleh karena itu, setiap muslim harus memanfaatkan keistimewaan tersebut untuk membangun hubungan spiritual dengan Allah Ta’ala, salah satunya dengan berpuasa sunah. Puasa adalah salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasullullah Shallahu ‘alaihi wassalam. 

Setidaknya ada 4 keutamaan dalam melaksanakan puasa sunah di bulan Rajab, di antaranya:

1. Meningkatkan ibadah

Puasa sunah di bulan Rajab sebagai tambahan untuk melengkapi ibadah fardhu yang sudah dikerjakan, agar ibadahnya menjadi sempurna. Biasanya ketika umat muslim sedang menunaikan puasa, jangankan ibadah fardhu, ibadah yang sunah juga dikerjakan olehnya. Ini artinya, ibadah puasa sunah di bulan Rajab dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah Ta’ala.

2.  Pahala dilipatgandakan

Puasa sunah yang dikerjakan dengan ikhlas di bulan Rajab, akan mendapatkan pahala yang berlipat. Imam al-Baghawi dalam kitab tafsirnya menjelaskan:

“Amal saleh lebih agung (besar) pahalanya di dalam bulan-bulan haram (Zulqa’dah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab). Sedangkan zalim pada bulan tersebut (juga) lebih besar dari zalim di dalam bulan-bulan selainnya”. (Imam al-Baghawi, Ma’alimut Tanzil fi Tafsiril Qur’an)

3. Meningkatkan ketakwaan

Berpuasa merupakan salah satu ibadah yang melatih kita dalam menahan hawa nafsu selama satu hari. Tentunya mengerjakan puasa sunah di bulan Rajab menunjukan ketakwaan seorang muslim kepada Allah Ta’ala dan berkeinginan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

4. Meningkatkan kekhusyukan diri

Berpuasa juga dapat memfokuskan diri dalam menahan diri dari hawa nafsu, sehingga dapat memberikan kekhusyukan dalam melakukan berbagai ibadah lainnya. Kekhusyukan yang kita hadirkan dalam melaksanakan ibadah dapat membantu membangun suasana spiritualitas dengan Allah Ta’ala.

5. Meningkatkan amal saleh

Puasa sunah dapat meningkatkan kesalehan seseorang. Dengan meningkatnya kesalehan seseorang maka akan meningkatkan keimanan seseorang juga. Meningkatnya amal saleh dapat menjadikan seseorang menjadi pribadi yang lebih baik, lebih dermawan, dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Setiap ibadah yang dilakukan oleh umat muslim dalam membangun hubungan dengan Allah Ta’ala merupakan tujuan ibadah yang sebenarnya. Semoga dengan menunaikan puasa sunah di bulan Rajab kita senantiasa dalam keridhoan-Nya. Aamiin. (Arga)

Baca juga: Mengenal Berbagai Peristiwa di Bulan Rajab

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *