Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

Minat Baca Orang Indonesia Sangat Rendah, Berikut Tips Tumbuhkan Minta Baca

DAARUTTAUHIID.ORG – Sebuah realita saat ini, budaya literasi telah hilang dari dunia pendidikan kita. Salah satu jawaban kenapa indeks pendidikan Indonesia rendah, karena rendahnya tingkat daya baca masyarakat Indonesia.

Faktanya peringkat daya baca Indonesia di dunia mentok di ranking ke-62 dari 70 negara yang berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Mengutip survei yang digelar sepanjang Oktober sampai November pada 2021 lalu, indeks minat baca dan indeks kegemaran membaca warga berada di nilai 74,54 dan 79,37 (skala penilaian 0-100).

Hasil ini cukup mengejutkan, mengingat Indonesia dianggap sebagai negara dengan tingkat literasi rendah.

Lantas bagaimana meningkatkan minat baca anak-anak bangsa? Agar taraf pendidikan di Indonesia juga semakin baik. Setidaknya ada lima tips untuk meningkatkan minat baca:

1. Bacalah buku yang sesuai dengan minat atau kesukaan. Jika saat ini sedang rajin-rajinnya berolahraga, maka carilah buku tentang olahraga.

Jika menyukai sejarah, maka bacalah buku bertema sejarah. Membaca sesuatu yang menarik bagi diri sendiri, maka kita akan lebih terdorong untuk mulai membaca.

2. Buatlah jadwal untuk membaca. Carilah waktu yang tepat untuk membaca, misalnya sebelum tidur atau saat jam istirahat baik di sekolah, kampus atau kantor.

3. Baca di tempat yang nyaman. Carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk membaca, seperti di kamar atau di taman.

4. Gabung dengan kelompok baca. Bergabung dengan kelompok baca atau forum baca online agar bisa bertukar pikiran dan ide dengan orang lain yang juga suka membaca.

5. Beri reward pada diri sendiri setelah membaca. Berikan reward pada diri kita setelah berhasil membaca buku sampai selesai.

Semoga melalui tips diatas, kita bisa menjadi bagian yang setidaknya masih punya minat membaca. Tinggal selanjutnya kebiasaan baik tersebut agar bisa kita tularkan kepada orang lain. (Arga)

Redaktur: Wahid Ikhwan


DAARUTTAUHIID.ORG

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *