Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

Hal yang Harus Disiapkan Jelang Ramadhan

DAARUTTAUHIID.ORG | WAKAFDT.OR.ID — Tidak terasa bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bulan yang sangat dinantikan oleh semua orang, khususnya ummat Islam. Ramadhan menjadi spesial karena suasananya yang berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Selain dari suasananya yang berbeda, di bulan Ramadhan juga menjadi waktu khusus untuk ummat Islam untuk mengumpulkan pahala yang melimpah, karena di bulan tersebut segala amalan yang dilakukan oleh kita akan Allah lipatgandakan berkali-kali lipat, wajar saja jika banyak orang yang semakin giat ibadahnya pada bulan tersebut.

Bahkan ada istilah yang menyebutkan bahwa hidup kita dalam satu tahunnya, 11 bulan untuk menyiapkan bertemu dengan satu bulan yang spesial, yaitu Ramadhan.

Agar kita bisa maksimal dalam menjalani ibadah selama bulan Ramadhan, perlu adanya persiapan untuk memasukinya. Persiapan ini akan membuat kita lebih siap dan insya Allah bisa membuat lebih maksimal lagi kita dalam beribadah.

Siapkan Fisik
Bisa dibilang ini adalah salah satu modal utama kita untuk bisa maksimal menjalankan ibadah di blan Ramadhan. Karena seseorang kebanyakan tidak maksimal beraktifitas termasuk ibadahnya adalah karena keluhan fisik yang kurang fit/bugar.

Kita bisa mulai rutinkan berolahraga agar fisik kita lebih terjaga dan lebih bugar. Bahkan manfaatnya tidak hanya akan dirasakan selama Ramadhan, tetapi pada bulan lainnya kita bisa lebih bugar jika rutin berolahraga.

Selain itu pola makan yang baik dan sehat juga menjadi salah satu cara kita untuk menjaga kesiapan fisik agar lebih bugar. Sering makan tidak tepat waktu, makan makanan sembarangan, menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan kesehatan.

Perkuat Niat
“Sesungguhnya segala sesuatu itu tergantung niatnya,” penggalan hadits tersebut menjadi pengingat untuk kita agar perbaiki dan perkuat niat kita selama bulan Ramadhan. Niat yang kuat juga bisa menjadi booster untuk kita agar bisa lebih konsisten dalam beribadah.

Dengan terus mengingat dan memperbaharui niat, kita akan selalu ingat untuk apa kita beribadah, terutama pada bulan Ramadhan yang memiliki keuntungan sangat menggiurkan dari Allah Ta’ala.

Jangan sampai kita sudah bersusah payah berjuang selama Ramadhan ternyata nilai pahalanya tidak maksimal karena ada yang salah dalam niat kita. Oleh karena itu masih ada waktu bagi kita untuk memperbaiki dan perkuat niat kita jelang Ramadhan.

Siapkan Harta
Nah, hal ini juga menjadi salah satu modal kita agar ibadah selama Ramadhan bisa semakin maksimal. maksud dari menyiapkan harta bukan untuk berbelanja pakaian baru, makanan sebanyak-banyaknya, karena biasanya pada bulan Ramadhan banyak melimpah macam-macam makanan dan pakaian.

Harta yang kita siapkan selama jelang Ramadhan, nantinya bisa kita pakai untuk berbagi dengan orang lain. Bisa melalui shodaqoh, infaq, wakaf, dan lainnya.

Mengapa harus berbagi dengan harta? Karena Allah telah menjanjikan kepada kita siapa yang memberikan makanan untuk berbuka kepada saudaranya (seiman).

Menurut Imam an-Nawawi sebagaimana dijelaskan A.R. Shohibul Ulum dalam buku Tebarkan Salam dan Berilah Makan, memberi buka hanya dengan seteguk air atau satu biji kurma sudah termasuk mendatangkan pahala. Pendapat ini bersandar pada hadits yang diriwayatkan Imam Khuzaimah dari Salman,

“Barang siapa memberi buka orang yang berpuasa di bulan Ramadan, maka amalnya itu sebagai ampunan atas dosanya, membebaskannya dari api neraka, dan ia mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu.”

Para sahabat kemudian bertanya, “Tidak semua dari kita mempunyai makanan untuk memberi buka kepada orang yang berpuasa.” Rasulullah lantas menjawab, “Pahala ini diberikan Allah SWT kepada orang yang memberi buka kepada orang yang berpuasa walaupun satu butir kurma, seteguk air, atau segelas susu.”

(HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Insya Allah dengan kita menyiapkan segala modal untuk menyambut bulan Ramadhan, kita akan bisa lebih maksimal dan siap lagi dalam menjalankan ibadah selama Ramadhan. Bahkan saat kita menyiapkan modal-modal diatas insya Allah kita sudah mendapat pahala dari Allah Ta’ala. Wallahu a’lam bishowab. (Wahid)

Redaktur: Wahid Ikhwan

____________________________________

DAARUTTAUHIID.ORG

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *