Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

WGI Nobatkan Indonesia Sebagai Negara Paling Dermawan di Dunia, Wakaf DT: Potensi Pengembangan Wakaf di Indonesia

DAARUTTAUHIID.ORG | WAKAFDT.OR.IDSemangat pengelolaan wakaf harus memiliki gairah dan idealisme yang kuat, dalam hal ini impact dari wakaf harus dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas.

Wakaf harus dilakukan dengan niat untuk membantu mengurangi kemiskinan, mempromosikan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial, atau memfasilitasi proyek-proyek yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat.

Manfaat sosial harus diutamakan dan harus menjadi prioritas utama dalam menentukan cara dan tempat di mana wakaf tersebut digunakan.

Charities Aid Foundation (CAF) dalam rilisnya di World Giving Index (WGI) 2022, menobatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia, bahkan predikat tersebut berturut-turut dicapai selama kurun waktu 5 tahun terakhir.

Artinya potensi kedermawanan orang Indoensia begitu tinggi, sehingga potensi tersebut juga turut mempengaruhi potensi wakaf.

Besarnya manfaat wakaf, baik itu yang dihimpun maupun yang dapat dikelola untuk bisa mendapat nilai ekonomi dan selanjutnya didistribusikan hasilnya untuk mendapat nilai manfaat sosial yang merata.

Namun sayangnya, potensi tersebut belum mampu teroptimalkan dengan maksimal, maka melalui kegiatan wakaf Produktif Daarut Tauhiid hadir dan turut serta dalam optimalisasi asset wakaf yang ada.

Hadirnya unit usaha setrategis seperti penginapan (Daarul Jannah), pasar modern (SMM Swalayan), Pertokoan sentral oleh-oleh daarut tauhiid, pengembangan lahan untuk kebutuhan Lembaga Pendidikan di Daarut Tauhiid, Bellia Food & Dapur Eco sebagai penyedia kebutuhan makanan, baik di Daarut Tauhiid maupun masyarakat umum.

Alhamdulillah, Wakaf Daarut Tauhiid dapat memberikan dampak dan manfaat baik di sektor dakwah makmurnya Masjid- Masjid Daarut Tauhiid, Pendidikan Gratis bekerja sama dengan DT Peduli di SMP – SMA Adzkia Islamic School, Manfaat ekonomi bagi masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan usaha Produktif dan bantuan modal usaha, Subsidi Kesehatan, dan keterlibatan dalam isu sosial dan kemanusiaan.

Saat ini Wakaf Daarut Tauhiid sedang terus mengembangkan kegiatan dan usaha wakaf Produktif pembangunan wakaf economic zone yang didalamnya terdapat parkir area, food courtco-working space, dan penginapan daarut tauhiid.

Project ini diharapkan bisa menjadi model atas potensi wakaf yang ada untuk lebih Produktif dan memberikan nilai manfaat sosial yang sebesar-besarnya. (Riyadi/Wahid)

Redaktur: Wahid Ikhwan

__________________________

DAARUTTAUHIID.ORG

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *