Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

Simbiosis Mutualisme! Santri Pesantren Daarut Tauhiid Makmurkan Aset Wakaf Produktif

DAARUTTAUHIID.ORG |BANDUNG – Kawasan wakaf terpadu Daarut Tauhiid menjadi salah satu tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan rohani, ekonomi bahkan edukasi.

Banyak pihak ikut merasakan manfaat dari wakaf produktif ini. Salah satunya yakni unit Baitul Quran Daarut Tauhiid.

Menghadapi tahun ajaran baru 2023/2024 unit Baitul Quran menyelenggarakan orientasi bagi seluruh peserta didik baru pada 8-15 Juli 2023.

Orientasi ini diselenggarakan  di kawasan Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. Sebanyak 76 santri baru Baitul Quran merasakan manfaat atas fasilitas yang telah tersedia.

Beberapa fasilitas tersedia dengan baik seperti, ruang kelas untuk pematerian, Dome Central V yang berupa tempat untuk kegiatan lapangan, serta berbagai fasilitas lain.

Di sana terdapat juga fasilitas umum seperti, klinik kesehatan, ATM Center, Swalayan dan beberapa kios pakaian yang terletak di dalam kawasan Pesantren Daarut Tauhiid Bandung.

Tak terkecuali Masjid Daarut Tauhiid Bandung, memiliki bangunan yang apik serta suasana interior yang sangat nyaman dan aman, menambah kekhusukan dalam beribadah.

Dalam kegiatan orientasi ini, Masjid Daarut Tauhiid digunakan untuk melaksanakan ibadah dan mabit bagi seluruh santri orientasi Baitul Quran serta jajaran panitia orientasi.

Kawasan wakaf produktif lainnya yang dimanfaatkan dalam kegiatan ini yakni Dome Central V yang merupakan tempat untuk melaksanakan kegiatan lapangan.

Para santri dengan bimbingan para pelatih SSG (Santri Siap Guna) mempelajari pelatihan baris-berbaris, hal ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan para santri baru.

Selain itu, kawasan wakaf lain yang dirasakan manfaatnya adalah gedung Daarul Hajj. Gedung ini merupakan gedung serba guna yang terletak di kawasan Daarut Tauhiid.

Panitia Orientasi peserta didik baru Baitul Quran sangat bersyukur atas tersedianya gedung serba guna ini, dikarenakan dapat dimanfaatkan sebagai ruang kelas dalam pematerian selama masa orientasi.

“Simbiosis Mutualisme ya, antara wakaf produktif dengan para santri yang ada disini, para muwakif insyaAllah mendapat pahala jariyahnya sementara para santri dan seluruh elemen yang ada di DT menerima manfaatnya,” ujar Reksa Abi Gutama ketua pelaksana orientasi Baitul Quran tahun ajaran 2023/2024.

Ia juga menambahkan, “jazakumullaahu khairan katsiran atas para muwakif dan lembaga wakaf serta seluruh pihak yang terkait dalam pembangunan serta pengadaan seluruh fasilitas di Pesantren Daarut Tauhiid, semoga hal ini dapat menjadikan amal jariyah bagi kita semua.”

Kawasan pesantren Daarut Tauhiid merupakan salah satu manfaat dari wakaf. Kawasan ini memiliki tempat yang aman dan nyaman, serta berfasilitas lengkap sehingga dapat memudahkan para jamaah dan juga santri dalam beraktifitas didalamnya. (Noviana Rohma Susilowati)

Redaktur: Wahid Ikhwan

__________________________

DAARUTTAUHIID.ORG

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *