Yayasan Daarut Tauhiid

Search
Close this search box.

Benarkah Wakaf Adalah Amalan Pilihan Orang Cerdas?

[WAKAFDT.OR.ID] — Ada ungkapan menarik tentang wakaf, “orang cerdas akan lebih memilih wakaf sebagai amalannya”. Maksud dari ungkapan tersebut yang perlu kita pahami adalah bukan berarti amalan lainnya tidak perlu dilakukan. Tetapi, maksudnya adalah jadikan wakaf sebagai salah satu amalan yang kita lakukan dan utamakan juga.

Mengapa demikian? Jika kita tahu, bahwa wakaf memiliki manfaat yang sangat luar biasa, tidak hanya bagi wakifnya (orang yang berwakaf) tetapi juga memiliki dampak yang luar biasa bagi ummat terutama penerima manfaat (mauquf ‘alaih).

Wakaf menjadi pilihan amal bagi orang cerdas karena secara sudut pandang agama, orang yang berwakaf maka aset yang diwakafkannya akan terus mengalirkan pahala dari setiap orang yang memanfaatkan aset wakafnya tersebut. Bahkan jika wakif sudah wafat sekali pun, pahalanya akan terus mengalir, selama aset wakafnya masih terus dimanfaatkan oleh ummat, subhanallah.

Alhamdulillah, Pesantren Daarut Tauhiid melalui Wakaf Daarut Tauhiid sampai saat ini menjadi salah satu lembaga wakaf yang masih dipercaya oleh masyarakat untuk mengelola wakaf yang alhamdulillah juga manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang, termasuk wakif dan keluarganya. Beberapa hal ini merupakan manfaat dari wakaf yang sudah dikelola di Wakaf Daarut Tauhiid, diantaranya:

  • Hasil dari wakaf produktif dimanfaatkan untuk pembangunan masjid di berbagai daerah di dalam negeri dan luar negeri.
  • Untuk pembiayaan optimalisasi kegiatan di masjid Daarut Tauhiid (Perawatan, kajian, pelayanan jama’ah, dll).
  • Bantuan biaya pendidikan untuk santri dan mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi.
  • Bantuan sosial untuk orang yang kurang mampu.

Selain itu tentunya banyak manfaat lain. Bahkan manfaat dari wakaf tersebut tidak hanya bisa dirasakan oleh para penerima manfaat diatas. Tetapi wakif sendiri, bahkan keluarganya bisa juga merasakan manfaat secara langsung dari wakaf yang dijalankan.

Inilah mengapa wakaf menjadi salah satu amalan yang dipilih oleh orang cerdas. Karena manfaat dan kebaikannya tidak hanya bisa dirasakan oleh orang lain, tetapi si wakif dan juga keluarga bahkan keturunannya kelak juga akan bisa merasakan manfaat dari wakafnya. MasyaAllah ini adalah salah satu bentuk kebaikan Allah untuk menunjukan jalan atas permasalahan sosial, salah satunya lewat wakaf. (Wahid)

(Info seputar Wakaf Daarut Tauhiid, cek wakafdt.or.id)

Red: WIN

____________________________________________________

DAARUTTAUHIID.ORG

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *